SHOUTBOX


ShoutMix chat widget

Mona Lisa Ternyata Fasih Berbahasa China

Senyum pesona Mona Lisa dalam bingkai lukisan karya Leonardo da Vinci (1452-1519) senantiasa menarik perhatian banyak orang selama berabad-abad. Kini, pameran World Classic Multi-Media Interactive Arts Exhibition di Beijing memperlihatkan Mona Lisa tidak sekedar tersenyum, tetapi juga dapat berbincang-bincang dengan manusia. Mona Lisa di dalam bingkai foto dapat bercakap-cakap dengan manusia dalam bahasa China yang fasih. "Apakah Anda telah menikah? Apakah Anda hidup bahagia?" tanya seseorang kepada Mona Lisa. Lalu, Mona Lisa dengan santai menjawab, "Ya, saya sudah menikah dan suami saya sangat mencintai saya sepenuh hati." Kemudian, Mona Lisa pun menyapa dan memperkenalkan diri dengan ramah, "Hai, Anda semua, saya Mona Lisa, dan saya senang bersua dengan Anda." Pameran teknologi tinggi itu memamerkan 61 benda seni yang mencakup teknologi 3-D dan holografis, juga teknologi identifikasi suara yang dapat menarik orang untuk memasuki dunia seni. Selain itu, dipamerkan pula lukisan-lukisan klasik dan sejumlah benda seni pahat berupa Venus dan Apollo. Ketua Panitia Pelaksana Pameran Wang Hui menuturkan, "Kami ingin lebih banyak orang mengetahui dan mengerti lukisan-lukisan klasik dan warisan budaya manusia zaman dahulu kala." Pameran itu akan berlangsung hingga November di Beijing dan akan berlanjut ke kota-kota besar lain di China, seperti Hangzhou dan Shanghai.

Sumber Referensi : kompas.com

0 komentar:



Posting Komentar